UPAYA PENINGKATAN PEMASARAN UMKM MELALUI MEDIA SOSIAL DAN IMPLEMENTASINYA

  • N. Neni Triana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Muhamad Sayuti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Karlina Karlina Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Media sosial saat ini merupakan kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat dalam bersosialisasi dengan orang lain, hal ini terjadi karena perubahan teknologi yang begitu cepat sehingga merubah perilaku masyarakat dalam bersosialisasi. Media sosial tidak hanya berfungsi sebagai media bersosialisasi tetapi juga media untuk mengembangkan pemasaran dan penjualan produk secara online karena dapat menjangkau konsumen secara luas dengan cara mudah, murah dan cepat. Masalah yang terjadi adalah tidak semua masyarakat di pedesaan mengerti tentang pemanfaatan media sosial ini secara optimal. Hasil penelitian memperkuat hipotesis bahwa pemasaran secara online bukan hanya membuat jangkauan semakin luas tetapi juga mampu mengurangi biaya sebesar (58%). Desa Mulyasejati, adalah desa di Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang dengan jumlah penduduk 6589 orang, mata pencaharian sebagian besar penduduk adalah petani dan pelaku UMKM. Hasil survey terhadap UMKM dapat diketahui adanya kesulitan dalam pembuatan packaging, pendaftaran label halal dan pemasaran masih dilakukan secara offline. Tujuan dari Pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan dan penyuluhan tentang bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai media promosi dalam pemasaran produk. Pengabdian kepada masyarakat dapat membantu membuka wawasan pelaku UMKM untuk mengoptimalkan media sosial dengan pendampingan secara berkesinambungan.

Published
2022-03-31