SOSIALISASI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS PADA ANAK INKLUISIF DI SDN KARAWANG KULON 1
Abstract
Inkluisif merupakan istilah dari dunia Pendidikan yang menyatukan ana-anak berkebutuhan khusus ke program-program sekolah reguler. Istilah inkluisif dapat diartiakan sebagai penerimaan anak anak berkebutuhan khusus kedalam kurikulum, lingkungan, interaksi social dan konsep diri sekolah sehingga anak berkebutuhan khusus dapat terlibat langsung dalam kehidupan sekolah yang menyeluru (Smith, 2014) Salah satu elemen transformasi kurikulum di tingkat sekolah dasar adalah penguatan proses pembelajaran dan penerapan tematik terintegrasi dengan menggunakan pendekatan saintifik dan mengakrabkan pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) bagi siswa. Berdasarkan beberapa temuan yang diperoleh, maka dapat dijelaskan bahwa persoalan pengembangan pembelajaran berbasis HOTS terjadi pada banyak guru di berbagai wilayah. Pemerintah telah mengembangkan panduan pengembangan pembelajaran berbasis HOTS, namun sosialisasi dan pelatihan masih dalam proses padahal guru sangat membutuhkan pelatihan ini untuk segera direalisasikan. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswamelalui penyusunan perencanaan pembelajaran berorientasi HOTS pada siswa kelas inklusif dan melakukan self assessment