GAMBARAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI DESA MARGASARI KECAMATAN KARAWANG TIMUR KARAWANG
Abstract
Permasalahan UMKM di yang terjadi di Desa Margasari antara lain pada UMKM Mak Iyah yang menghasilkan produk rengginang dan kembang ros, produk ini tidak memiliki merk dalam pemasarannya dan pemasaran produk belum melalui media sosial sehingga berpengaruh pada tingkat distribusi pemasaran produk tersebut. Selain itu, di Desa Margasari terdapat UMKM Mie Acek yang dalam produksinya belum melalui media sosial. Maka dari itu, permasalahan UMKM yang terjadi di Desa Margasari menjadi suatu kajian dalam menghadapi permasalahan tersebut guna terwujudnya membangkitkan ekonomi kerakyatan di era new normal. Metode penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif, data yang digunakan hasil dari wawancara, catatan lapngan, catatan atau memo, dan dokumentasi. Dari hasil diperoleh beberapa permasalahan yang ada pada UMKM Rangginang dan Kembang Ros Mak Iyah dan UMKM Mie Acek diantaranya dalam segi pemasaran produk, logo dan merk kemasan, dan lokasi yang belum strategis.