PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GARIS BILANGAN UNTUK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan pengetahuan siswa dengan menerapkan median garis bilangan dengan penentu langkah pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitrian ini menggunakan Jenis metode eksperimen semu (Quasi experiment) yang digunakan adalah jenis One Group Pretest-Postest. Dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknyanya peningkatan setelah diberi perlakuan. Subjek pada penelitian ini adalah 22 siswa kelas VI SDN Mekarbuana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Tes yang dilakukan adalah pretes dan postes. Sedangkan istrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dan siswa ( hasil postes dan prtes). Hasil penelitian nilai pretes 2,27 sedangkan hasil postes adalah 6,72. Kesimpulan dari penelitian ini aldalah pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan garis bilangan bulat dengan penentu langkah dapat meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu media tersebut dapat dipergunakan guru untuk pembelajaran dikelas.