PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

  • Deden Wahiddin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Muhamad Fikri Nurdiansyah Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Pandemi Covid 19 telah memberikan dampak negatif yang cukup signifikan bagi aktivitas ekonomi nasional khususnya pada sektor UMKM yang mayoritas pelakunya adalah warga kelas menengah ke bawah. Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk tetap bertahan dan meningkatkan pertumbungan UMKM adalah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan platform digital yang saat ini terus berkembang merambah kepada berbagai kalangan masyarakat. Berdasarkan hasil yang didapatkan pada penelitian ini, platform digital yang potensial digunakan oleh para pelaku UMKM adalah pemanfaatan media sosial seperti facebook untuk melakukan promosi produk dengan metode pemasaran digital (digital marketing). Selain itu , pemanfaatan lain terhadap platform digital adalah juga diperlukan untuk proses re-desain kemasan sebagai upaya untuk menarik pelanggan dan meningatkan penjualan produk.

Published
2022-03-31