PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM MENGELOLA LIFE SKILLS SISWA DIMASA PANDEMI COVID 19

  • Lusiana Rahmatiani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ririn Widiyanti Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Krisis pendidikan dirasakan setelah munculnya pandemi covid-19 yang menyerang kesehatan dunia. Pandemi yang tidak kunjung berakhir hingga bertemu dipertengahan tahun 2021 yang artinya sudah satu tahun setengah lamanya dunia pendidikan mengalami culture schok dengan kebiasaan baru yang berbeda dari sebelumnya kegiatan pembelajaran tatap muka disekolah sekarang kegiatan persekolahan dilakukan di rumah atau disebut dengan belajar dari rumah (BDR). Metode penulisan dalam artikel ini menggunakan studi pustaka. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendapatkan gambaran mengenai pelaksanaan belajar dari rumah dalam mengelola life skill siswa dimasa pandemi covid-19. Belajar dari rumah memiliki konsekuensi yang dimana pembentukan keterampilan hidup siswa akan kurang tersentuh oleh guru, pembentukan keterampilan hidup siswa memerlukan sentuhan secara nyata baik oleh guru maupun orangtua. Pelaksanaan belajar dari rumah tetap memerlukan perhatian khusus dalam pengelolaan life skills yang dapat mendukung ketercapaian sisi akademik siswa yang memerlukan kerjasama antara guru dan orangtua dalam pengelolaan life skill siswa.

Published
2022-03-31