IDENTIFIKASI KEMASAN PRODUK UMKM BOLU BAROKAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN

  • Lania Muharsih Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Salfa Aliefatikha Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), salah satunya yaitu UMKM Bolu Barokah yang mengalami penurunan permintaan dan mengakibatkan pengurangan jumlah produksi. Minat beli konsumen dapat ditingkatkan dengan membuat kemasan produk yang menarik konsumen. Jika dilihat bentuk kemasan produknya, UMKM Bolu Barokah masih menggunakan kemasan sederhana sehingga perlu adanya pembaharuan kemasan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu pelaku UMKM Bolu Barokah dalam meningkatkan penjualannya di masa pandemi Covid-19 melalui pengalihan minat konsumen dari segi kemasan produk sehingga dapat bersaing dengan produk sejenis lainnya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif melalui data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh yaitu adanya rekomendasi dari peneliti mengenai beberapa konsep kemasan seperti plastik cookies, plastik ziplock, dan goodie bag. Berdasarkan rekomendasi dari peneliti, pelaku UMKM Bolu Barokah memilih untuk menggunakan kemasan plastik cookies karena kemasan ini memiliki tekstur yang tebal, dikhususkan untuk makanan berupa kue, dan memiliki gambar yang menarik untuk display di toko. Kesimpulannya yaitu dari penggunaan kemasan cookies ini UMKM Bolu Barokah dapat mempromosikan produknya lewat media digital seperti sosial media dengan lebih menarik dan memiliki daya saing lebih luas sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat beli konsumen. Rekomendasi untuk UMKM Bolu Barokah yaitu mendaftarkan produk kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mengikuti sertifikasi halal, dan membuat label produk yang lebih modern.

Published
2022-03-31