APLIKASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN UMKM DESA KERTASARI PANGKALAN
Abstract
Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya dengan meningkatkan UMKM di masa pandemi covid. Desa Kertasari merupakan salah satu desa di Kecamatan pangkalan, Kabupaten Karawang. Dengan Jumlah penduduk 5.296 jiwa. Luas wilayah Desa Kertasari sekitar 8737 Ha. Lahan terluas di Desa Kertasari adalah lahan tanah kering dengan luas 3976 Ha. Desa Ini terdiri dari 16 Rukun Tetangga (RT) yang terkelompoknya menjadi empat RW. Penduduk Desa Kertasari umumnya bekerjasebagai petani dan buruh. UMKM yang ada Di Desa Kertasari yaitu : keripik pisang, tanaman asparagus dan jamur tiram. Metode yang digunakan ini yaitu metode dedektif kualitatif, dengan cara mengmati langsung. Ada tujuh jenis digital campaign yang bisa mulai diterapkan sesegera mungkin untuk pemasaran digital yang lebih efektif, yaitu : Search Engine Optomization ( SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing (SMM), Pay Per Click (PPC), Content Marketing, Email Viral Marketing, Influencer Marketing. Program yang dijalan kan selama berlangsungnya kegiatan KKN mahasiswa Universitas Buana Perjuangan karawang membuat akun media sosial Instagram dan Facebook Untuk memudahkan Sekertariat UMKM di Desa Kertasari Pangkalan dalam hal memasarkan produk. Salah satunya melalui media sosial. Peran tersebut sangat penting dalam dunia usaha pemasaran. Para pemilik UMKM sangat antusias atas dibuatkan nya akun media sosial untuk mempermudah proses pemasaran.Produk UMKM yang awalnya hanya di pasarkan di daerah Kertasari kini bisa di kenal oleh banyak orang di luar desa kertasrai.