STRATEGI BAURAN PEMASARAN USAHA IKAN BANDENG DESA TANJUNG PAKIS DI MASA PANDEMI UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

Authors

  • Robby Fauji Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Laras Ratu Khalida Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Ikan Bandeng merupakan salah satu makanan yang terkenal di Desa Tanjung pakis. Desa Tanjung pakis merupakan salah satu daerah pariwisata laut di Kabupaten Karawang. Penelitian ini juga ditujukan untuk memberikan gambaran solusi strategi bauran pemasaran sebagai solusi jangka pendek dan jangka panjang bagi UMKM desa Tanjungpakis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik studi literatur dengan hasil bahwa pandemi Covid-19 berdampak terhadap penurunan pertumbuhan perekonomian di Indonesia (minus) termasuk pendapatan ekonomi desa Tanjungpakis kecamatan Pakisjaya. Banyak pelaku UMKM yang harus menghentikan usahanya karena berbagai permasalahan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Namun, pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menstimulus UMKM agar dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19. Berbagai strategi dilakukan salah satunya yaitu strategi bauran pemasaran. Strategi bauran pemasaran dinilai dapat membantu UMKM dalam kegiatan pemasaran dan memperluas pasar di tengah pandemi Covid-19. Rancangan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis data model interaktif yang digunakan oleh Miles dan Huberman. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari berbagai sumber penelitian terdahulu. cara pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan cara tanya jawab terhadap individu yang erat kaitan nya dengan permasalahan penelitian, guna memperoleh informasi dan keterangan mengenai masalah yang diteliti.

Downloads

Published

2022-03-31