ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

  • Sri Wulan Anggraeni Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yayan Alpian Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Sistem sekolah di Indonesia terganggu oleh penyebaran virus COVID-19 yang begitu cepat. Akibat situasi ini, pemerintah terpaksa menutup sekolah dan mendorong belajar di rumah. Untuk menjamin kegiatan pembelajaran tetap terjaga, berbagai inisiatif dilaksanakan. Akan tetapi pelaksanaan PJJ tidak berjalan lancar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kesulitan belajar siswa dalam pelaksanaan PJJ. Metode SLR (Systematic Literature Review) digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan mendokumentasikan dan menilai semua jurnal yang diterbitkan antara tahun 2020 dan 2021 tentang kesulitan siswa dalam pelaksanaan PJJ. Dua puluh artikel jurnal nasional dipilih, yang ditemukan di database Google Scholar. Berdasarkan penelitian ini didapatkan pelaksanaan PJJ belum sepenuhnya ideal. Gangguan terhadap sistem pendidikan seperti rendahnya kesadaran belajar siswa di rumah, kurangnya motivasi dari orang tua, sarana prasana yang tidak mendukung, dan kemampuan teknologi guru yang minim. Pelaku yang terlibat dalam pendidikan seperti guru, siswa ataupun orang tua siswa harus bersinergi menjadi satu, melek teknologi, sadar kondisi pandemic, demi kelancaran pelaksanaan PJJ.

Published
2022-03-31