PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK UMKM DALAM UPAYA MENJAGA STABILITAS PEREKONOMIAN DESA PADA MASA PENDEMI COVID-19

  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Robby Fauji Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Uus Muhammad Darul Fadli Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia, terutama pada sektor UMKM di desa-desa, salah satunya di Desa Pasirtanjung. Sektor pertanian yang melimpah di Desa Pasirtanjung menjadikan masyarakat desa memiliki mata pencaharian pokok sebagai petani dan buruh tani, termasuk berdirinya UMKM Kebun Demplot yang mengahasilkan sayuran organik. Tujuan penelitian ini untuk membantu UMKM yang memiliki kendala pada saat promosi dan pemasaran produk hasil kebun UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada pemilik usaha, aparat desa, dan observasi lapangan. Hasil penelitian didapatkan bahwa solusi untuk permasalahan pada Kebun Demplot yaitu dengan pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk seperti: membuat website, instagram, twitter, facebook, youtube, melakukan penjualan pada e-commerce dan melalui Whatsapp dengan pendistribusian dapat melalui Gojek maupun Grab agar lebih mudah. Namun perlu adanya pendampingan untuk penggunaan media sosial di UMKM Kebun Demplot, dan disarankan UMKM Kebun Demplot memiliki sumber daya manusia khusus untuk melakukan kegiatan promosi dan pemasaran produk.

Published
2022-03-31