STRATEGI PROMOSI PARIWISATA GOA DAYEUH DESA TAMANSARI MELALUI MEDIA SOSIAL

  • Neni Sumarni Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Enjang Suherman Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Suroso Suroso Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat sebuah strategi promosi dengan menggunakan sosial media sebagai strateginya, dengan tujuan untuk melakukan sebuah promosi pariwisata dengan membangun hubungan antara pelaku pariwisata dengan pelanggan dalam hal ini wisatawan. Media sosial melalui berbagai macam medianya baik social impact dan strategy impact memudahkan penggunaan media sosial sebagai sarana promosi di era digital saat ini. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: mengetahui dan mendeskripsikan tentang strategi promosi dengan menggunakan media sosial sebagai strategi promosinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis data yang ada di lapangan dan wawancara mendalam kepada pelaku pariwisata dalam hal ini diwakilkan kepada BUMDES Desa Tamansari bapak Adi selaku pengelola melalui komunikasi online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial dapat membantu merancang strategi promosi pariwisata Goa Dayeuh yang ada di desa Tamansari, dalam memperkenalkan pariwisata Goa Dayeuh ini, karena belum banyak nya masyarakat Karawang dan luar Karawang yang mengetahui pariwisata Goa Dayeuh.Kegiatan promosi dapat dengan mudah memberikan awareness dan diteruskan oleh follower media sosial kepada pengguna media sosial lainnya.

Published
2022-03-31