PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Yulistina Nur DS Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Pembelajaran daring diterapkan di Indonesia sudah 2 tahun pelajaran yaitu dari tahun 2020 sampai saat ini. Hal ini pun berdampak pada pola belajar siswa yang beralih dari tatap muka menjadi belajar di rumah secara daring. Peran orang tua dalam pembelajaran yang dilakukan di rumah secara daring sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi anaknya untuk pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Subjek yang digunakan adalah orang tua dari siswa kelas rendah SDN Kedawung I. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah peran orang tua sebagai sebagai fasilitator, motivator dan pengawas anak dalam pembelajaran daring di rumah. Sedangkan kendala yang dialami oleh orang tua pada saat pendampingan belajar mahalnya harga kuota internet, signal yang terkadang tidak mendukung, kesibukan orang tua, memory gadget yang tidak mendukung untuk menyimpan materi atau video pembelajaran serta kurangnya minat belajar anak karena game online.

Published
2022-03-31