DIVERSIFIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMISI UMKM DI DESA CINTAASIH

  • Muhamad Sayuti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • N. Neni Triana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Akda Zahrotul Wathoni Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Annisa Indah Pratiwi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Memabahas tentang bagaimana pemanfaatan media sosial untuk mempromosikan UMKM di Desa Cintaasih, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. Tujuannya adalah untuk dapat memperkenalkan produk-produk UMKM kepada masyarakat luas tidak hanya di desa tersebut agar mendapatkan potensi pasar yang lebih besar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode observasi, yang bersifat deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secaralangsung. Manfaat dari penelitian ini di desa Cintaasih ini, menjadi tambahan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman tentang UMKM, perihal pemanfaatan media sosial sebagaimedia pemasaran. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial memberikan prospek yang baikagar dapat menaikkan angka penjualan produk UMKM di Desa Cintaasih, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang yang mengalami dampak dari Covid-19. Hal itu disebabkan karena system pemasaran digital menyediakan platform jual beli secara daring, agar dapat mempermudah proses pemesanan dan pembelian. Sehingga antara pembeli dan pemilik UMKM dapat berinteraksi untuk melakukan transaksi secara langsung.

Published
2022-03-31