STRATEGI PENGUATAN PEMASARAN PRODUK UMKM RENGGINANG CORET MELALUI STRATEGI PRODUCT BRANDING DAN DIGITAL MARKETING

  • Ainur Alam Budi Utomo Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat penting di dalam perekonomian Indonesia. Sektor UMKM ini juga memberikan peluang kerja bagi masyarakat sekitarnya. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan (UBP), dengan tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Masa New Normal”, penulis bersinergi bersama aparat desa untuk melakukan pengembangan UMKM sebagai potensi ekonomi desa di Desa Lemahmukti. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, UMKM Rengginang Coret ini masih memiliki banyak problematika yang mengiringi terutama dalam hal product branding dan digital marketing, hal ini dikarenakan pelaku UMKM berasal dari kalangan masyarakat kecil yang masih terlalu awam terhadap digital dan teknologi. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis membuat program kerja, di antaranya yaitu: melakukan pendampingan umkm terkait digital marketing, mendesain logo dan product melakukan pendampingan umkm terkait digital marketing, mendesain logo dan product branding, pembinaan optimalisasi packing product, pembinaan optimalisasi packing product dan pembinaan foto produk.

Published
2022-03-31