ANALISIS TEKNIK MEMBACA PERMULAAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD

Authors

  • Santi Arum Puspita Lestari Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Sulistya Kusumaningrum Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Amel Putri Yuniasari Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak bidang yang terkena dampaknya, salah satunya adalah bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan diharuskan melaksanakan pembelajaran secara daring yang memiliki beberapa kekurangan khususnya untuk pembelajaran siswa kelas 1 SD. Siswa kelas 1 SD menjadi kesulitan dalam pembelajaran membaca permulaan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pembelajaran dengan menggunakan teknik membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD selama pandemi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Intrumen yang digunakan berupa lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara kepada guru. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian diperoleh kesimpulan antara lain 1) terdapat beberapa teknik yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yaitu: teknik baca-ulang-ucap, baca-tulis, lihat-baca, dan lihat ucap. Guru menggunakan teknik tersebut karena telah disesuaikan dengan karakteristik siswa. 2) terdapat peningkatan dalam kemampuan membaca siswa. Awalnya hanya ada 2 siswa yang sudah bisa membaca dalam 1 kelompok belajar, setelah menggunakan teknik membaca permulaan maka semua siswa dalam 1 kelompok (5 siswa) menjadi dapat membaca kalimat dengan lancar.

Downloads

Published

2022-03-31