ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING

(Studi Kasus di UMKM Rengasdengklok Utara Kabupaten Karawang)

  • Ihsan Nasihin Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat cepat mendorong para pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana melakukan pemasaran dan promosi. Kurangnya pemahaman untuk para pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi sebagai sarana pemasaran berdampak pada volume penjualan dan keuntungan yang dihasilkan. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi lapangan dan studi literatur. Sehingga data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan metode pelatihan, pendampingan, dan Forum Group Discussion (FGD). Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM dapat melakukan strategi pemasaran dan promosi melalui digital marketing yaitu melalui digital advertising, melalui media sosial, dan melalui market place. Strategi promosi dan pemasaran melalui digital marketing dapat membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar, sehingga berdampak pada keuntungan yang dihasilkan.

Published
2022-03-31