PEMANFAATAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI DAN PENJUALAN UMKM DI DESA PEJATEN

  • Tohirin Al Mudzakir Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ayu Ratna Juwita Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Adi Rizky Pratama Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Covid-19, E-commerce, Desa Pejaten, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Abstract

Wabah Covid-19 berdampak sangat besar terhadap segala bidang, salah satunya adalah industri UMKM. Banyak orang yang bergerak di bidang UMKM mengalami penurunan pendapatan bahkan ada beberapa UMKM yang terpaksa bangkrut selama pandemi ini karena modal yang dikeluarkan tidak sebanding dengan pemasukan. Hal ini juga dirasakan oleh para pelaku UMKM di desa Pejaten Kecamatan Cibuaya, banyak para pengusaha UMKM khususnya Opak Ketan dan Terasi Udang Rebon yang mengalami penurunan pendapatan karena pandemi. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pemanfaatan media sosial dan digital marketting dalam pemasaran dan kurangnya pemahaman terhadap penggunaan media sosial dalam startegi pemasaran. tujuan dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya di masa pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Promosi Dan Penjualan. Metode yang digunakan yaitu secara observatif secara kualitatif dengan memberiakan pelatihatan dan seminar (Webinar) melalui media elektotronik yaitu Google Meet  dengan materi pemasaran produk dengan memanfaatkan media sosial E-Commerce Umkm Di Desa Pejaten. Hasil yang didapatkan adalah terjadinya kegiatan-kegiatan yang mendukung pelaku UMKM sehingga pelaku UMKM langsung dapat memanfaatkan media sosial dan E-Commerce yaitu Shopee yang memuat produk-produk terbaik UMKM binaan. Kesimpulannya setelah dilakukan penelitian pengetahuan dan keterampilan penggunaan dan pemanfaatan media sosial, brosur, baner, dan E-commerce dapat meningkatkan Digital Marketting yang dapat memudahkan pelaku usaha UMKM khusus nya di Desa Pejaten.

The Covid-19 outbreak has had a very big impact on all fields, one of which is the MSME industry. Many people engaged in the MSME sector have experienced a decrease in income, and there are even some MSMEs who have been forced to go bankrupt during this pandemic because the capital spent is not proportional to income. This is also felt by MSME actors in Pejaten village, Cibuaya District, many MSME entrepreneurs, especially Opak Ketan and Terasi Udang Rebon, have experienced a decrease in income due to the pandemic. One of the problems faced is the lack of use of social media and digital marketing in marketing and a lack of understanding of the use of social media in marketing. The method used is qualitatively observative by providing training and seminars (Webinars) through electronic media, namely Google Meet with product marketing materials by utilizing social media E-Commerce MSMEs in Pejaten Village. The result obtained is the occurrence of activities that support MSME players so that MSME players can immediately take advantage of social media and E-Commerce, namely Shopee, which contains the best products of assisted MSMEs. In conclusion, after research on the knowledge and skills of using and utilizing social media, brochures, banners, and E-commerce, can improve Digital Marketing which can facilitate MSME business actors specifically in Pejaten Village.

Published
2022-03-31