ANGKITNYA UMKM DI DESA TELUK BANGO MELALUI PADI (PASAR DIGITAL)

  • Ade Trisyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

UMKM adalah usaha mikro, kecil dan menengah yang dimana usaha ini merupakan usaha perorangan, group atau kelompok. Dengan bertumbuhanya UMKM di lokasi atau wilayah teretentu dapat menumbuhkan perekonomian dan dapat mengurangi jumlah penganguran dengan menyerap tenaga kerja di wilayah tesebut. Kondisi pademik covid-19 menjadi suatu momentum dimana digitalisasi harus segera dilaksanakan. Terutama produk-produk UMKM agar dapat memiliki daya saing secara nasional maupun global. Banyak UMKM di desa telukbango yang masih menjual produk-produknya dengan konvensional menjadi suatu kendala dalam menjual produknya ke luar wilayah desa telukbango. Metode yang digunakan dengan melakukan sosialisai dan pelatihan untuk persiapan digitalisasi produk UMKM untuk lebih memajukan dalam bidang penjualan maupun pendanaan. Dengan model penjualan B2B atau Business to Business merupakan penjualan produk atau jasa yang diberikan oleh satu bisnis dan diperuntukan untuk bisnis lainnya, bukan kepada konsumen selain itu dapat juga melakuan B2C atau Business to Customer merupakan bisnis yang melakukan pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung salah satu keuntungan berjualan di PADI (pasar digital) milik BUMN

Published
2022-03-31