TINGKAT SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI PELAKU UMKM MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA PULOMULYA

  • Dadan Ridwanuloh Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Muhammad Ilhamudin Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Adanya pandemi covid-19 membuat para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah menjadikan hambatan dalam pemasaran dan juga menjadikan motivasi untuk terus produksi pun menurun, dikarenakan adanya pembatasan serta batasan waktu untuk memasarkan produk, masa pandemi ini menjadi sebuah tantangan bagi para pelau UMKM Khususnya bagaimana meyakinkan akan kemampuan seseorang dalam dirinya untuk menggerakkan tindakan dalam menghadapi suatu situasi tertentu. Hal ini mejadikan sebuah tantangan yang sulit bagi pelaku UMKM dimasa New Normal saat ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan Kualitiatif dengan jenis penelitian deskriptif, subjek dalam penelitian ini yaitu dua pelaku UMKM di Desa Pulomulya subjek pertama yaitu Bapak Ahmad selaku Owner Teh Tarik Kusuka, dan yang ke dua yaitu Kripik Sukun Ma Ane yag berada di desa Pulomulya, penelitian tersebut menggunakan pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi-terstruktur dan observasi. Hasil penelitian menunjukan memiliki persamaan pada dua subjek untuk meyakinkan akan kemampuan dalam dirinya untuk menggerakakan tindakan dalam menghadapi suatu situasi tertentu kedua subjek tersebut meyakinkan dalam pemasaran produk di stuasi covid-19 ini dengan menggunakan media sosial dalam pemasaranya. Dengan menggunakan facebook dan Whatsaap dalam kegiatan promosinya pada pemberlakuanya PPKM.

Published
2022-03-31