IDENTIFIKASI MARKETING KNOWLEDGE TENAGA PEMASARAN (MARKETER) PADA PEMASARAN PRODUK PERUMAHAN DI KARAWANG

Authors

  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Uus Muhammad Darul Fadli Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Melonjaknya jumlah penduduk Indonesia, berbanding lurus dengan kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal. Kebutuhan ini menjadi bisnis yang cukup diminati oleh para developer. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya perusahaan yang menyediakan perumahan sebagai hunian penduduk. Semakin banyak bisnis perumahan maka semakin tinggi pula tingkat persaingan para developer dalam memasarkan produknya kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi indikator marketing knowledge yang berperan dalam pemasaran produk perumahan, menemukan indikator-indikator penting untuk keberhasilan pemasaran produk perumahan, dan menjelaskan tingkat kebutuhan dan kinerja dari marketing knowledge pada pemasaran produk perumahan di Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kunatitatif. Populasi sebanyak 1.028.735 jiwa dengan sampel yang diambil sebanyak 180 responden, dan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Ada tiga analisis data yang akan digunakan yakni analisis faktor, analisis cluster dan Importance and Performance Analysis (IPA). Hasil dari penelitian, terdapat 7 indikator marketing knowledge yang berperan dalam pemasaran produk perumahan di Karawang, yaitu pengetahuan mengenai konsep (know-what), fakta (know-why) dan prosedur (know-how) tentang: (1) produk, (2) pasar, (3) pelayanan, (4) perilaku pelanggan, (5) personal selling, (6) sales promotion, dan (7) klasifikasi pelanggan. Indikator- indikator penting yang harus menjadi skala prioritas pemasaran produk perumahan di Karawang, yaitu pasar, harga, promosi, pelayanan, dan produk. Indikator sales promotion, personal selling, spesifikasi produk, keragaman (features) produk, dan kesesuaian harga dengan kualitas produk menjadi tingkat penentu tingginya kepuasan konsumen.

Downloads

Published

2022-03-31