EFEK MEDIASI KEPUASAN MAHASISWA PADA PENGARUH KINERJA DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA

(STUDI MAHASISWA KABUPATEN KARAWANG)

  • Suroso Suroso Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Enjang Suherman Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Neni Sumarni Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Banyak drop out mahasiswa salah satunya menunjukan bahwa loyalitas mahasiswa yang rendah sehingga ada keinginan untuk mengakhiri kuliah atau pindah ke perguran tinggi yang lain. Disisi lain dengan perkuliahan online hampir satu tahun yang cukup menjenuhkan. Hal ini bisa diperbaiki dengan meningkatkan kepuasan mahasiswa pada perguruan tinggi dengan cara memperbaiki kualitas pelayanan elektronik dan kinerja dosen. Tujuan dari penelitian ini mengkaji dan menganalisis Efek Mediasi Kepuasan Mahasiswa Pada Pengaruh Kualitas Pelayanan Elektronik Dan Kinerja Dosen Terhadap Loyalitas Mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan analisis rentang skala dan analisis jalur. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Kabupaten Karawang dengan pengambilan sampel sejumlah 395 responden. Hasil analisis deskriptif bahwa kinerja dosen berkategori baik, kualitas pelayanan elektronik berkategori baik, kepuasan mahasiswa berkategori puas dan loyalitas mahasiswa berkategori sangat tinggi, namun demikian indikator tidak loyal mahasiswa karena kuliah tidak sampai selesai karena faktor biaya yang tidak cukup untuk menyelesaikan perkuliahan. Untuk analisis verifikatif yaitu (1) Kinerja dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa; (2) Kualitas pelayanan elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. (3) Kepuasan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. (4) Kinerja dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa. (4) Kualitas layanan elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa.

Published
2022-03-31