KECEMASAN AKADEMIK DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING DAN STUDENT WELL BEING PADA SISWA SMK N 3 KARAWANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning dan student well being pada kecemasan akademik siswa di SMK N 3 Karawang. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu self regulated learning, student wellbeing, dan kecemasan akademik. Hipotesis mayor penelitian ini adalah Ada pengaruh self regulated learning dan student wellbeing pada kecemasan akademik siswa di SMK N 3 Karawang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 123 siswa di SMK N 3 Karawang. Menggunakan metode purposive sampling. Metode data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 22.0. Berdasarkan hasil uji model hIpotetik memiliki nilai outer loading berada di atas 0.5 dan nilai Cronbach’s alpha untuk semua konstruk berada di atas 0.5. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh self regulated learning dan student well being pada kecemasan akademik siswa di SMK N 3 Karawang. Hasil R Square pada penelitian ini adalah 38,9 %.