FORMULASI STRATEGI PEMASARAN PADA SMP ISLAM KARAWANG BERBASIS ANALISIS SWOT
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui letak posisi SMP Islam Karawang, dengan cara menggunakan formulasi analisa SWOT. Analisa pertama yang dilakukan melalui analisa IFAS dan EFAS, yang selanjutnya dibuat formulasi matrik SWOT sehingga dapat diketahui posisi kuadran SMP Islam Karawang. Permasalahan yang ada pada SMP Islam Karawang adalah belum terfokus nya strategi pemasarannya, dan juga belum diketahui nya posisi pemasaran SMP Islam Karawang. Sehingga SMP Islam Karawang belum mendesain strategi tersebut. Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan formulasi SWOT untuk mengetahui posisi SMP Islam Karawang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisa SWOT, berdasarkan data berupa wawancara, survey pada informan inti seperti pada kepala sekolah, guru, staff, dan para siswa, dan peneliti sebagai key informan dalam menggali data yang ada. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa SMP Islam Karawang berada pada posisi Kuadran I (positif), yakni sekolah menghadapi berbagai peluang lingkungan dan memiliki berbagai peluang kekuatan yang mendorong pemanfaatan berbagai peluang tersebut. Strategi pemasaran yang harus diterapkan berarti pada kebijakan pertumbuhan agresif.