STRATEGI PEMASARAN BATIK PUTRI SANGGA BUANA KARAWANG DENGAN ANALISIS SWOT BERBASIS LIMA ELEMEN SUN TZU

  • N. Neni Triana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Muhamad Sayuti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Karlina Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Batik telah menjadi ikon Indonesia dan menjadi unggulan di daerahnya masing-masing. Workshop Batik Sangga Buana adalah salah satu UMKM di Karawang, yang mengalami penurunan penjualan akibat dampak Covid-19 baik dari segi produksi maupun pemasaran. Hal inilah yang menjadi tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal apa saja yang mempengaruhi perkembangannya dengan menggunakan analisis SWOT berbasis lima elemen Sun Tzu. Berdasarkan hasil analisis dapat diinformasikan bahwa faktor-faktor internal pada Workshop Batik Putri Sangga Buana terdiri dari 7 variabel kekuatan (strength) yang terdiri dari 1 variabel leadership, 4 variabel mission dan 2 variabel methode. Sedangkan variabel kelemahan (weakness) terdapat 1 variabel dari leadership, sedangkan faktor-faktor eksternal pada Workshop Batik Putri Sangga Buana terdiri dari 7 variabel peluang (opportunity) yang terdiri dari 3 variabel ground, 2 variabel climate dan 2 variabel methode. Sedangkan variabel ancaman (threats) terdapat 2 variabel dari ground, 2 variabel climate dan 1 variabel methode. Strategi Sun Tzu’s five elements yang sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan berdasarkan rating, pembobotan dan skor yang dihasilkan 3 strategi yaitu a. Substitute leisure for Labour dengan mengembangkan strategi bauran pemasaran harga dan promosi dengan cara mencari alternatif bahan dan memberikan kejutan-kejutan atau diskon kepada pelanggan, b. Tossing out brick to get a jade gem, dengan memanfaatkan ceruk pasar dan mempertahankan harga dan kualitas produk dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat awam tentang kualitas dan proses membatik, c. Be friend a distant state while attacking a neighbor dengan mengembangkan kerjasama dengan perusahaan lain untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Published
2022-03-31