PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN SALES PROMOTION TERHADAP MINAT BELI DI MARKETPLACE SHOPEE

  • Laras Ratu Khalida Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Robby Fauji Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Mutiara Maulidina Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini menjadi semakin berkembang seiring berubah nya zaman. Semua orang dapat dengan mudah menguasai teknologi yang ada, termasuk teknologi komunikasi smartphone. Dengan mengandalkan smartphone dan jaringan internet, dapat memudahkan proses komunikasi tanpa melihat jarak, waktu dan juga ruang serta dapat berbagi informasi di seluruh penjuru dunia manapun termasuk Indonesia. Menurut data We Are Social dan Hootsuite pada bulan Januari 2021, berdasarkan usia 16 tahun hingga 64 tahun sekitar 85% masyarakat di Indonesia pernah berbelanja online melalui marketplace. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh brand ambassador dan sales promotion terhadap minat beli. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Manajemen UBP Karawang yang berjumlah 94 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuisioner; dan analisis data dilakukan untuk menguji hipotesis dengan multiple regresi dengan menggunakan SPSS 26.0. Dan didapat hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel brand ambassador (X1) dan sales promotion (X2) terhadap minat beli (Y) memiliki pengaruh positif secara parsial dengan persentase 16,88% (X1 terhadap Y) dan persentase sebesar 35.02% (X2 terhadap Y). Dan pengaruh secara simultan pada variabel antara Brand Ambassador (X1) dan Sales Promotion (X2) memiliki pengaruh terhadap minat beli (Y) sebesar 51,9%, sedangkan persentase lain dipengaruhi oleh variabel lain.

Published
2022-03-31