EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SECARA DARING DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Harmawati Harmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yulistina Nur DS Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Winni Dwi Khairani Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Pembelajaran daring menjadi tantangan bagi para guru di era pandemi ini, karena mereka harus mampu menggunakan perangkat pembelajaran daring dan meningkatkan kreativitas mereka dalam proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran daring pada kelas IP A kelas IV B SD Negeri Palumbonsari III. Fokus kajian ini adalah pada siswa dan guru. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan adalah beberapa pendekatan analisis data yang digunakan. Temuan mengungkapkan bahwa pembelajaran daring pada mata pelajaran IP A menghasilkan hasil yang kurang efektif. Hal ini didasarkan pada temuan penyebaran angket kepada siswa, yang menunjukkan respons tingkat 55% saat menggunakan tabel kriteria efektif (kurang efektif). Kendala yang ditemukan pada pelaksanaan pembelajaran secara daring pada mata pelajaran IPA yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam materi yang disampaikan, keterbatasan android yang siswa miliki, penyampaian materi yang diajarkan oleh guru (berupa penugasan dan teori). Dalam penelitian ini, sebaiknya memberikan contoh video pembelajaran praktikum pada materi IPA dan siswa yang tidak mempunyai android harus aktif dengan mengikuti temannya yang mempunyai android. Hal ini, diharapkan pelaksanaan pembelajaran daring dalam mata pelajaran IPA bisa berjalan dengan efektif.

Downloads

Published

2022-03-31