UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAMA MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL QUR’AN PADA SISWA KELAS 5 SD IT AL IRSYADIYAH KARAWANG
Abstract
Ketika seorang anak terlibat dalam kegiatan belajar tidak selalu mudah yang diinginkan. Tentu sebagian dari mereka mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar, seperti dalam belajar membaca Al-Qur'an. Di MI Al-Umm Karawang ada 2 siswa dari 31 siswa di kelas VA mengalami kesulitan belajar membaca Al-Qur'an. Mereka belum hafal huruf hijaiyyah, masih gagap saat membaca Al-Qur'an, kesulitan melafalkan huruf hijaiyyah sesuai makhorijul huruf yang benar, lidah kaku saat mengucapkan huruf hijaiyyah, dan tidak membaca Al-Qur'an menurut hukum bacaan yang benar. MI Al-Umm Karawang adalah lembaga pendidikan berbasis agama yang menuntut semua siswa mampu membaca, menulis, dan menghafal Al- Qur'an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Metode penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu kejadian dari suatu kegiatan sosial di lapangan secara rinci, yang selanjutnya akan dijadikan kesimpulan dengan pola pikir induktif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, 2 siswa dan orang tua. Dari hasil penelitian, kesulitan siswa dalam belajar membaca Al-Qur'an disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang mendukung, kurangnya jam pelajaran, kurangnya bimbingan, dan motivasi dari orang tua, keluarga di rumah, dan guru di sekolah. Oleh karena itu, upaya yang harus dilakukan dalam keadaan ini adalah memberikan arahan dan bantuan kepada mereka dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an.