PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Depi Prihamdani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Haerudin Haerudin Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjawab permasalahan bagaimana Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini; 1. Menentukan sample dari populasi (terjangkau), siswa-siswi kelas IV Sekolah Dasar. 2. Sample yang sudah ditentukan diberi pre tes untuk mengetahui kemampuan awal siswa. 3. Setelah hasil pre-test diperoleh, dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode TGT. 4. Kemudian untuk mengetahui kemampuan menulis setelah diberikan perlakukan dengan metode pembelajaran TGT diberikan pos tes. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengadakan tes kemampuan menulis bahasa Inggris setelah dilakukan eksperimen dengan metode pembelajaran TGT dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yang pengujiannya menggunakan uji t (Paired two Samples Test) dengan asumsi varians tidak homogen”. Hasil analisis uji hipotesis dengan uji t menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari metode pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris siswa sekolah dasar.

Published
2022-03-31