PEMANFAATAN MEDIA VIDEO UNTUK PEMBELAJARA DARING DI DESA PUSAKAJAYA UTARA

  • Santi Arum Puspita Lestari Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Dampak dari terjadinya pandemi Covid-19 adalah dibatasinya kegiatan diluar ruangan
termasuk sekolah. Oleh karena itu, proses pembelajaran di sekolah diganti dengan
pembelajaran daring dari rumah masing-masing dengan bantuan teknologi digital. Namun
di Desa Pusakajaya Utara masih rendah penggunaan teknologi digital untuk
pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat mengambil tema pemanfaatan media video
untuk pembelajaran daring. Video menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang
inovatif bagi peserta didik. Pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 3 hari kepada 3 SD
di Desa Pusakajaya Utara. Ada 5 tahapan dalam kegiatan ini yaitu apersepsi, pemaparan
materi, demonstrasi pembuatan video oleh pemateri, praktek oleh peserta, dan evalusi
hasil video. Hasil yang diperoleh pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah peserta
pelatihan dapat membuat video sederhana, mengedit video yang telah ada dan video
menjadi alternatif pembelajaran daring.
Kata kunci—sekolah dasar, video, pembelajaran daring

The impact of the Covid-19 pandemic is the limitation of outdoor activities including
schools. Therefore, the learning process in schools is replaced by online learning from
home with the help of digital technology. However, in Pusakajaya Utara Village, the use
of digital technology for learning is still low. Community service takes the theme of using
video media for online learning. Video is an alternative learning media that is innovative
for students. The training was conducted for 3 days to 3 elementary schools in Pusakajaya
Utara Village. There are 5 stages in this activity, namely apperception, presentation of
material, demonstration of making videos by the speakers, practice by participants, and
evaluation of the results of the video. The results obtained in this community service are
that training participants can make simple videos, edit existing videos and videos become
an alternative to online learning.
Keywords — elementary school, video, online learning

Published
2021-07-21