MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI CILEWO – TLAGASARI

  • Nur Ainy Sadijah Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Dalam dunia pendidikan, terutama dalam kegiatan belajar, bahwa kelangsungan dan
keberhasilan proses belajar mengajar bukan hanya dipengaruhi oleh faktor intelektual saja,
melainkan juga oleh faktor-faktor non intelektual lain yang tidak kalah penting dalam
menentukan hasil belajar seseorang, salah satunya adalah kemampuan seseorang untuk
memotivasi dirinya. penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai motivasi belajar
anak di sekolah dasar negeri Cilewo Tlagasari, kabupaten Karawang. Peran pendidik sangat
dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar anak agar ke depannya anak menjadi pribadi
yang cerdas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dan pengetahuan yang
akurat tentang anak yang memiliki motivasi belajar.
Berdasarkan temuan dalam penelitian yang telah dilakukan di Sekolah Dasar Negeri
Cilewo-tlagasari kabupaten Karawang. Subjek dari penulisan ini berjumlah tiga subjek. Yang
diidentifikasi mempunyi motivasi dalam belajar secara bertahap dengan pemberian motivasi
setiap hari selam satu bulan melalui permainan games education. Berdasarkan hasil wawancara
dan observasi ketiga subjek tersebut melakukan prilaku motivasi belajar yang terbentuk dalam
ciri-ciri motivasi belajar.
Kata kunci : Motivasi belajar, permainan edukasi

In the world of education, especially in learning activities, that performance and success
of teaching and learning is not only influenced by intellectual factors, but also other nonintellectual
factors that are not less important in determining one's learning outcomes.one of
them is a person's ability to motivate himself.the researchers is interested in finding out more
about children's learning motivation of basic school children Cilewo Tlagasari Karawang
regency. The role of caregivers is needed to increase children's learning motivation so that in
the future children will become intelligent individuals. The researche is to get an accurate
illustration and knowledge of children who have motivation to learn.
Based on the findings of researche that have been carried out at the basic school children
Orphanage. The subjects of this study amounted to three subjects.The identified ones have the
motivation to learn gradually with motivation every day for one month through games
education games.Based on the results of interviews and observations of the three subjects, they
carried out learning motivational behaviors formed in the characteristics of learning
motivation.
Keywords : Learning motivation, Games education

Published
2021-07-18