KAJIAN ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA DISRUPSI (STUDI ANALISIS SARANA DAN PRASARANA DESA BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DESA SUNGAI BUNTU, KECAMATAN PEDES KARAWANG)

  • Ainur Alam Budi Utomo Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yuliana Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa sekolah dasar negeri di
desa Sungai Buntu Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang ditinjau dari sarana dan prasarana
desa dalam pengadaan fasilitas pendidikan. Jenis penelitian ini kualitatif bersifat deskriptif
dan analistis, adapun objek dalam penelitian ini adalah; SDN Sungai Buntu I, SDN Sungai
Buntu II, SDN Sungai Buntu III dan SDN Sungai Buntu IV dengan jumlah siswa 1.220 siswa.
Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui (pengamatan), interview (wawancara),
dokumentasi dan kuesioner (angket). Berdasarkan hasil penelitian bahwa sarana dan prasarana
pendidikan di desa masih minim pengadaan dan berpengaruh terhadap motivasi rendahnya
belajar siswa di wilayah desa tersebut.
Kata Kunci: Motivasi, Sarana dan Prasarana, Disrupsi.

The purpose of this study is to identify the relationships between students’ motivation to learn
and school facilities provided by the village board in a number of primary schools in Sungai
Buntu, Pedes, Karawang. This study is a qualitative descriptive research that was conducted
at some primary schools in Sungai Buntu, namely SDN Sungai Buntu I, SDN Sungai Buntu
II, SDN Sungai Buntu III and SDN Sungai Buntu IV with a total of 1,220 students. The
research data were collected through observations, interviews, documentations and
questionnaires. This research indicates that the school facilities provided by the village board
remain insufficient which in turn contribute to the students' lack of motivation.
Keywords: Motivation, Facilities, and Disruption.

Published
2021-07-16