EVALUASI KINERJA PADA SMP ISLAM KARAWANG BERBASIS BALANCED SCORECARD

  • Neni Sumarni Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • July Yuliawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Robby Fauji Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja SMP Islam Karawang untuk mengetahui
kinerja keuangan, SDM dan operasional, juga bagaimana mengelola siswa sehingga mampu
berprestasi dengan baik. Analisa tersebut menggunakan sampel dari keseluruhan SMP Islam
Karawang, dengan mengambil sampel guru, staff, dan siswa. Penelitian ini menggunakan
analisa Balanced Scorecard. Yang berdasarkan empat perspektif yaitu Perspektif Keuangan,
Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, dan Perspektif Tumbuh dan
Pembelajaran untuk mendukung perbaikan kinerja secara menyeluruh dan berkelanjutan. Hasil
dilapangan menunjukkan bahwa tingkat kinerja SMP Islam Karawang baik , dinilai dari empat
perspektif tersebut. Dan tentunya temuan ini diharapkan dapat terus ditingkatkan lagi kinerja
SMP Islam Karawangnya, sehingga kualitas pendidikan pada SMP Islam akan semakin optimal
dan berdaya saing lebih unggul.
Kata Kunci : Analisis balanced scorecard, berdasarkan empat perspektif yaitu Perspektif
Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, dan Perspektif Tumbuh dan
Pembelajaran.

This study aims to evaluate the performace of Islamic Junior High School Karawang to
determine financial,human resource and operational performace, as well as how to manage
students so that they are able to perform well. The analysis uses a sample from the entire
Karawang Islamic Junior High School by taking samples of theachers, staff and students.
Balanced Scorecard analysis which is based on four perspectives namely financial perspective,
customer perspective, internal business process perspective, and growth and learning
perspective to support overall and sustainable performance improvement. The result in the field
show that the performance level of Islamic Junior High School Karawang is well assessed from
these four perspective and of course these findings are expected to continue to improve the
performance of Islamic Junior High Scholl in Karawang, so that the quality of education at
Islamic Junior High School will be more optimal and more competitive.
Keywords : Balanced Scorecard analysis, based on four perspectives : financial
perspective,customer perspective, internal business process perspective, and growth and
learning perspective.

Published
2021-07-16