PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN WAROENG DESA KARAWANG

  • Laras Ratu Khalida Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perkembangan dan peningkatan ekonomi di Indonesia merupakan salah satu
faktor yang mempengaruhi tingginya perilaku konsumtif bagi masyarakat Indonesia.
Semakin meningkatnya pendapatan masyarakat maka semakin tinggi pula kebutuhan
hidup masyarakat itu sendiri. Perilaku konsumtif dan gaya hidup yang tinggi masyarakat
membuat sebuah peluang untuk para pengusaha untuk menciptakan sebuah lapangan
pekerjaan, berbagai usaha dihadirkan di tengah-tengah masyarakat sehingga semakin
banyak usaha yang berdiri dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi maka
pengusaha harus mencari cara dalam melakukan strategi pemasaran. Tujuan penelitian
ini untuk menguji pengaruh penetapan harga dan promosi terhadap keputusan
pembelian. Sampel penelitian ini adalah pelanggan yang datang ke Rumah Makan
Waroeng Desa Karawang yang berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data adalah
kuisioner; dan analisis data dilakukan untuk menguji hipotesis dengan multiple
regresi dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penetapan
harga dan promosi memiliki hubungan yang signifikan positif terhadap keputusan
pembelian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala dan
Analisis Regresi Berganda dengan bantuan Method of Successive Interval (MSI). Dari hasil
analisis penelitian ini diperoleh beberapa kesimpulan yaitu :
1. Nilai koefisien determinasi secara simultan dari penetapan harga dan promosi terhadap
keputusan pembelian sebesar 2,22%, sedangkan peresentase lain dipengaruhi oleh variabel
lain.
2. Terdapat pengaruh parsial dari penetapan harga dan promosi terhadap keputusan pembelian
Kata Kunci: Penetapan Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian.

Development and economic development in indonesia is one of the factors that affect
the behavior of consumption for the people of Indonesia. Increasing the income of the
needs and the higher the necessities of life society itself. Behavior and lifestyle that high
consumption the public making a chance to entrepreneurs to create a, jobs various
business generated so the more among the many efforts which stand with a level playing
the higher the entrepreneurs just figure out a way to. marketing strategies. The purpose
of this research to test influence price and promotion of the decision purchase. Research
sample areas is the customer coming to village restaurants waroeng karawang were 100
one. Technique is kuisioner; data collection and analysis data was undertaken to test
hypotheses with multiple regression using spss. The research results show that pricing
and promotion significant links positive. purchase of the decisionThe data analysis
techniques used the technique of analysis of the scale and with the help of multiple
regression analysis method of successive intervals. The analysis of the results of this
research are: obtained some conclusions :
1. The value of the coefficient of determination simultaneously from the determination
of the price and promotion of the decision of the purchase of as much as 2,22 % ,
while peresentase is influenced by other variables.
2. Partial is from the determination of the price and promotion of the decision of the
purchase.
Keyword : Price, Promotion, Purchase Decision

Published
2021-07-16