EFEKTIVITAS TAG LINE JD ID “DIJAMIN ORI” DAN IKLAN PADA SITUS YOUTUBE TERHADAP MINAT PEMBELIAN

  • Dexi Triadinda Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

JD.ID melakukan kampanye dengan tagline “Dijamin Ori” karena mereka menganggap masih
banyak e-commerce yang menjual produk tidak orisinil. Terdapat beberapa jenis produk yang masih sering
dipalsukan sehingga mendorong pihak JD,ID untuk menggunakan strategi tersebut guna menarik minat beli
konsumen. Selain itu JD.ID juga memasarkan platform bisnis online nya melalui situs youtube yang
merupakan salah satu media pemasaran berbasis vidio. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
efektivitas tagline “Dijamin Ori” dan Iklan Youtube JD.ID terhadap minat pembelian konsumen. Analisis
ini menggunakan variabel independen yaitu tagline “Dijamin Ori” dan Iklan Youtube. Variabel
dependennya adalah Minat Beli Konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa
UBP Karawang yang pernah melihat marketing campaign JD.ID dengan tagline “Dijamin Ori” dan
iklannya dalam media sosial youtube. Sampel diambil dengan menggunakan metode simple random
samplimg. Teknik pengumpulan data berdasar dari kuesioner dan jumlah sampel sebanyak 100 orang
dengan menggunakan metode penentuan sample rumus Lameshow. Metode statistik menggunakan Analisis
Regresi Linier berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah variable Tagline dan Iklan JD.id
pada situs youtube memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen. Dengan variable yang paling
dominan adalah variable Iklan pada situs youtube.
Kata Kunci : E Commerce, Tagline, Iklan Youtube

Published
2021-07-15