STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI DESA PASIR AWI KABUPATEN KARAWANG

  • Neni Sumarni Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Mulia Prihandoyo Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai fungsi yang strategis dalam perekonomian
nasional, khusunya di Desa Pasir Awi Kabupaten Karawang. UMKM menjadi sistem ekonomi
kerakyatan untuk mengurangi permasalahan kemiskinan dan pengembangannya mampu memperluas
basis ekonomi serta memberikan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan
perekonomian daerah dan ketahanan nasional. Jumlah UMKM yang besar dapat dimanfaatkan menjadi
mitra pemerintah dalam mengelola sumber daya. Strategi pengembangan UMKM di Desa Pasirawi
Kabupaten Karawang dengan cara menggunakan analisa metode SWOT. Hasil yang di dapat dari
strategi pengembangan yaitu penyediaan bantuan permodalan dari pemerintah, melakukan pelatihan
dan pengembangan untuk meningkatkan skill dan keilmuan UMKM, pengembangan kemitraan untuk
mengembangkan UMKM lebih besar, mengembangkan promosi untuk mengenalkan sebuah produk
dan perlunya lembaga khusus UMKM di Desa Pasirawi untuk membantu sarana, prasarana dan jaringan
usaha.
Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Strategi Pengembangan, Metode SWOT.

Micro Small and Medium enterprises ( UMKM ) have a strategic function in the national economy,
especially in Desa PasirAwi, Karawang Regency. UMKM becomes a populist economic system to
reduce poverty problems and its development is able to expand the economic base and can make a
significant contribution in improving the regional economy and national resilience. The large number
of MSMEs can be used as partners for the government in managing resources.The strategy for
developing MSMEs in Pasir Awi Village, Karawang Regency is by using the SWOT method analysis.
The result obtained from the development strategy are the provision of capital assistance from the
government, conducting training and development to improve MSME skill and knowledge, developing
partnerships to develop larger MSMEs, developing promotions to introduce a product and the need for
a special UMKM institution in Pasir Awi Village to help with facilities,infrastructure and business
networks.
Keywords :Micro, Small and Medium Enterprises, Development Strategy, SWOT Method.

Published
2021-07-15