STRATEGI PEMASARAN DIGITAL USAHA IKAN BANDENG UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DESA TAMBAK SUMUR UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

  • Robby Fauji Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dexi Triadinda Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Epty Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Ikan Bandeng merupakan salah satu makanan yang terkenal di Desa Tambaksumur,
ikan bandeng diperjual belikan oleh masyarakat Tambak sumur untuk mendapatkan
pendapatan perekonomian masyarakat. Pemilik usaha perikanan di Desa Tambak sumur
kurang lebih 10 orang, buruh usaha perikanan 800 orang, dan nelayan 150 orang. Metode yang
digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode deskriptif. Dalam
penelitian ini, peneliti telah memilih 10 orang pelaku usaha ikan bandeng Desa Tambak Sumur
dan dua informan ahli yakni Kepala Desa Margamulya dan Ketua BUMDesa Tambak Sumur.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan usaha ikan bandeng desa Tambak Sumur
melalui strategi pemasaran digital.
Rancangan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis data
model interaktif yang digunakan oleh Miles dan Huberman. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari berbagai sumber penelitian terdahulu.
cara pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan cara tanya jawab terhadap individu
yang erat kaitan nya dengan permasalahan penelitian, guna memperoleh informasi dan
keterangan mengenai masalah yang diteliti,
Kata kunci : Ikan Bandeng, Perekonomian, Pemasaran Digital.

Published
2021-07-15