PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM UPAYA MENGUATKAN RASA PERSATUAN DAN KESATUAN INDONESIA PADA MAHASISWA DALAM KONSEP MASYARAKAT YANG MULTIKULTUR

  • Tridays Repelita Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fitri Silvia Sofyan Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Erwin Susanto Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kegelisahan peneliti mengenai perpecahan yang terjadi karena
keragaman Indonesia. Isu-isu perpecahan perbedaan ras, suku, golongan dan agama menjadi hal
yang sering terjadi di lingkungan kita. Mahasiswa sebagai agen perubahan mempunyai andil
yang penting dalam upaya mencapai tujuan nasional Bangsa Indonesia. Pendidikan Pancasila
yang diberikan pada pendidikan tinggi diharapkan mampu menjadi katalis untuk menguatkan
rasa persatuan dan kesatuan di kalangan mahasiswa, baik ketika masih menempuh pendidikan
maupun setelah mahasiswa menyelesaikan studi dan turun ke masyarakat. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk melihat bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam
mengupayakan rasa persatuan dan kesatuan mahasiswa dalam konsep masyarakat multikultural.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus.
Tahapan penelitian adalah pengumpulan data, analisis data, dan penafsiran data. Sumber data
adalah dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila dan mahasiswa Universitas Buana
Perjuangan Karawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen melakukan penyusunan
rencana pembelajaran semester (RPS) disesuaikan bobot dan keluasan materi ajar, karakteristik
mahasiswa dan capaian pembelajaran mata kuliah untuk menguatkan rasa persatuan dan
kesatuan Indonesia dalam konsep masyarakat multikultur.
Kata kunci: perencanaan pembelajarn, pendidikan pancasila, multikultur, persatuan dan
kesatuan

This research was conducted because of the researchers' anxiety regarding the divisions that
occur due to Indonesia's diversity. Issues of division between race, ethnicity, class and religion
are common in our environment. Students as agents of change have an important role in
achieving the national goals of the Indonesian nation. Pancasila education that is given to
higher education is expected to be able to become a catalyst to strengthen a sense of unity and
unity among students, both while still studying and after students finish their studies and go
down to the community. The purpose of this research is to see how the planning of Pancasila
Education learning in striving for a sense of unity and unity among students in the concept of
a multicultural society. The approach used in this research is qualitative with the case study
method. The research stages were data collection, data analysis, and data interpretation.
Sources of data are lecturers of Pancasila Education courses and students of the University of
Buana Perjuangan Karawang. The results showed that the lecturers compiled a semester

learning plan (RPS) according to the weight and breadth of teaching materials, student
characteristics and course learning outcomes to strengthen the sense of unity and integrity of
Indonesia in the concept of a multicultural society.
Keywords: learning planning, pancasila education, multiculture, unity of Indonesia

Published
2021-07-15