EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID-19

  • Lusiana Rahmatiani Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Kondisi yang sangat sulit dihadapi dunia pendidikan Indonesia pada tahun 2020
dengan adanya fenomena krisis kesehatan dunia ditandai munculnya pandemi covid-
19 yang menyebabkan terjadinya perubahan signifikan dalam bidang pendidikan yang
mengharuskan siswa belajar dirumah dengan menggunakan metode pembelajaran
online. Metode penulisan dalam artikel ini menggunakan studi pustaka. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai efektivitas proses
pembelajaran online dalam membangun motivasi belajar siswa dimasa pandemi
covid-19. Peningkatan pengelolaan pembelajaran online di setiap unsur lembaga
pendidikan perlu dioptimalkan dan didukung demi kelancaran kegiatan pembelajaran.
Membangun motivasi belajar siswa sangat berkaitan dengan prestasi belajar siswa
yang menjadi fokus penting dalam pembelajaran online. Guru sebagai fasilitator
memiliki peranan penting dalam membangun motivasi belajar siswa untuk
menghadapi situasi dan kondisi pandemi covid-19. Movitasi belajar siswa harus
dioptimalkan agar mendapatkan hasil maksimal dalam proses pembelajaran online.
Kata Kunci : Pembelajaran Online, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19

Very difficult conditions faced by the Indonesian education world in 2020 with the
phenomenon of the world health crisis marked by the emergence of the Covid-19
pandemic which caused significant changes in the field of education which required
students to study at home using online learning methods. The writing method in this
article uses a literature study. The purpose of this study was to obtain information
about the effectiveness of the online learning process in building student learning
motivation during the Covid-19 pandemic. Improved online learning management in
every element of educational institutions needs to be optimized and supported for the
smooth running of learning activities. Building student learning motivation is closely
related to student achievement which is an important focus in online learning. The

teacher as a facilitator has an important role in building student motivation to deal
with the situation and conditions of the Covid-19 pandemic. Student learning
motivation must be optimized to get maximum results in the online learning process.
Keywords: Online Learning, Learning Motivation, Covid-19 Pandemic

Published
2021-07-15