KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR DESA CIKALONGSARI DALAM PEMBELAJARAN DARING

  • Yayan Alpian Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sri Wulan Anggraeni Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Annisa Dwijani Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini di lakukan pada anak usia Sekolah Dasar di desa Cikalongsari Kecamatan Jatisari
Kabupaten Karawang. Kajian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan informasi yang objektif
mengenai bagaimana karakter kemandirian anak usia SD di Desa Cikalongsari dalam pembelajaran
daring (dalam jaringan) pada masa pandemik Covid-19. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah
metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung
dengan alat pengumpul data berupa panduan wawancara. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran
daring yang dilakukan saat ini memiliki nilai positif yang bermanfaat bagi anak, yaitu dapat
menumbuhkan karakter kemandirian anak usia sekolah dasar di desa Cikalongsari dalam belajar dan
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Anak memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan
kegiatan belajar dan menyelesaikan tugasnya sendiri, walaupun saat ada hal yang tidak dimengerti
sesekali anak akan bertanya kepada orang tuanya, selain tugas materi anak juga dapat mengerjakan
tugas pekerjaan rumah dengan bantuan orang tua misalnya seperti memasak, menyiram tanaman dan
bersih-bersih rumah. Dengan adanya sikap kemandirian anak dalam beberapa bentuk seperti: percaya
diri, aktif, disiplin dan rasa bertanggung jawab yang dimiliki anak-anak di desa Cikalongsari dapat
meningkatkan potensi sumber daya manusia dalam bidang pendidikan masyarakat desa yang
berkualitas dalam hal mencerminkan karakter anak yang mandiri.
Kata kunci : Kemandirian, Pembelajaran Daring.

Published
2021-07-15