MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIK MAHASISWA SISTEM INFORMASI DENGAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)

  • Fitria Nurapriani Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi
matematik mahasiswa system informasi dengan pembelajaran MMP. Pembelajaran Missouri Mathematics
Project (MMP) merupakan suatu program yang didesain untuk membantu guru dalam hal efektivitas penggunaan
latihan-latihan agar siswa mencapai peningkatan yang luar biasa. Latihan-latihan yang dimaksud adalah lembar
tugas proyek. Missouri Mathematics Project (MMP) memiliki penekanan pada belajar kooperatif dan
kemandirian siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain
penelitian menggunakan pretest dan postest tanpa diacak (Group Pretest-Postest Design). Pelaksanaan penelitian
ini dilaksanakan pada mahasiswa Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Buana
Perjuangan Karawang. Sampel diambil siswa sebanyak 2 kelas. Dari 2 kelas tersebut satu kelas sebagai kelas
eksperimen (menggunakan pembelajaran MMP) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (menggunakan
pembelajaran konvensional). Pengambilan kelas yang dijadikan sampel dilakukan tidak dengan acak. skor ratarata
kedua kelas tidak berbeda secara signifikan yaitu kemampuan berpikir kritis siswa kelas MMP sebelum
pembelajaran adalah 6,41 (32,05% dari skor ideal) dan kelas konvesional adalah 5,84 (29,20% dari skor
ideal). Rata-rata skor kemampuan komunikasi matematik kedua kelas tidak berbeda secara signifikan yaitu
kelas MMP 6,35 (31,75% dari skor ideal) dan kelas konvesional adalah 7,29 (36,45% dari skor ideal). Pretest
kemampuan berpikir kritis dan komunikasi kedua kelas masih kurang baik jika dibandingkan dengan skor
ideal.

Published
2021-07-15