HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS: SISWA KELAS V SDN KARAWANG KULON II KECAMATAN KARAWANG BARAT KABUPATEN KARAWANG)

  • Depi Prihamdani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Haerudin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nindi Apriselya Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjawab permasalahan bagaimana Hubungan
Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa
Sekolah Dasar. Untuk mendapatkan data hasil penelitian tentang hubungan
kepercayaan diri dengan kemampuan berbicara bahasa inggris siswa sekolah
dasar metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek penelitian
adalah Siswa Kelas V SDN Karawang Kulon II Kecamatan Karawang Barat
Kabupaten Karawang. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini;
1. Menentukan sample dari populasi (terjangkau), siswa-siswi kelas V Sekolah
Dasar. 2. Sample yang sudah ditentukan diberi pre-test kemampuan berbicara
untuk mengetahui kemampuan awal mereka (mereka diminta untuk
menceritakan suatu objek berdasarkan gambar yang diberikan). 3. Setelah hasil
pre-test diperoleh, dilakukan pembelajaran. 4. Kemudian dilakukan test untuk
melihat hasil pembelajaran. Dari hasil tes yang dilakukan dan skor yang
diperoleh siswa dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris yakni dalam
kategori sangat baik, tidak selalu dipengaruhi oleh kepercayaan diri seseorang.
Artinya tingkat kepercayaan diri seseorang tidak memiliki hubungan apapun
dengan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa.
Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Published
2021-07-15