PENGEMBANGAN DESA MULYAJAYA, KECAMATAN TELUK JAMBE TIMUR, KABUPATEN KARAWANG

  • Amelia Nur Fariza Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan sebuah kegiatan untuk pengembangan diri bagi para
mahasiswa. Mereka dapat mengeksplore diri menjadi bagian dari masyarakat, yang tentunya
dapat menjadi salah satu agen perubahan. Desa menjadi wadah dimana mahasiswa dapat
mengembangkan ide nya agar disalurkan menjadi sebuah karya demi mewujudkan tujuan
desa berkelanjutan. Pembelajaran yang didapat ketika Kuliah Kerja Nyata nantinya dapat
menjadi acuan mereka dalam bersosialisasi dengan masyarakat, karena dimasa depan mereka
pasti akan menjadi bagian dari masyarakat itu sendiri. Populasi dan sampel dalam penelitian
ini mahasiswa peserta KKN dan masyarakat dilokasi pelaksanaan KKN mahasiswa dan
masyarakat Desa Mulyajaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara ini bertujuan untuk menggali informasi
mengenai kompetensi desa Mulyajaya dan permasalah sosial dan prespektif mahasiswa
mengenai potensi sumber daya yang ada di desa Mulyajaya. Dari hasil penelitian diperoleh
bahwa peranan adanya mahasiswa KKN sebagai bagian dari pengembangan potensi desa
sangat jelas didapati dilokasi penelitian.
Kata kunci: KKN, Desa, Masyarakat

Real Work Lecture (KKN) is an activity for self-development for students. They can explore
themselves to be part of the community, which of course can be an agent of change. The
village becomes a place where students can develop their ideas so that they can be channeled
into a work to realize the goals of a sustainable village. The lessons learned during the Real
Work Lecture will later become their reference in socializing with the community, because in
the future they will definitely become part of the community itself. The population and sample
in this study were students participating in the Community Service Program and the
community in the location of the student KKN implementation and the people of Mulyajaya
Village. Data collection methods used were interviews, observation and documentation. This
interview method aims to gather information about the competence of Mulyajaya village and
social problems and student perspectives regarding the potential resources available in
Mulyajaya village. From the research results, it was found that the role of KKN students as
part of developing village potential was very clear in the research location.
Key words: Real Work Lecture, Village, Community

Published
2021-07-14