PERANCANGAN IMPLEMENTASI PENJUALAN SECARA ONLINE (E-COMMERCE) PADA PRODUK OPAK KAWUNG DI DESA SUKAMAKMUR

  • Annisa Indah Pratiwi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Akda Zahrotul Wathoni Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • N. Neni Triana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Muhamad Sayuti Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Desa Sukamakmur merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Teluk Jambe Timur,
Kabupaten Karawang, desa Sukamakmurmemilikipenduduk sekitar 7.568 jiwa dengan luas wilayah
sekitar 2.33 km dan berada di Jl. Interchange dekat dengan Tol Karawang Barat. Berdasarkan informasi
bahwa Desa Sukamakmur memiliki Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berupa makanan ringan terbuat
dari tepung ketan yang diberi nama Opak Kawung Sukamakmur berdiri sejak 2010 dibawah pimpinan
Bapak Ade. Berdasarkan informasi Bapak Sutarman selaku Kepala Desa Sukamakmur bahwa penjualan
Opak Kawung sebagian besar diproduksi untuk dipasarkan ke toko oleh-oleh Karawang namun saat ini
diproduksi jika ada pemesanan dan acara di Kecamatan oleh karena itu untuk mengembangkan
pemasaran Opak Kawung dapat dipasarkan secara online melalui e-commerce dengan tujuan dapat
memperluas pemasaran dan meningkatkan perekonomian di Desa Sukamakmur.
Kata kunci: UKM, e-commerce, pemasaran.

Sukamakmur Village is one of the villages located in Teluk Jambe Timur District, Karawang Regency,
Sukamakmur village has a population of around 7,568 people with an area of about 2.33 km and is
located on Jl. Interchange close to West Karawang Toll. Based on information that Sukamakmur Village
has Small and Medium Enterprises (UKM) in the form of snacks made from glutinous rice flour named
Opak Kawung Sukamakmur, it was founded in 2010 under the leadership of Mr. Ade. Based on
information from Mr. Sutarman as the Head of Sukamakmur Village that most of the sales of Opak
Kawung are produced and marketed to the Karawang gift shop but currently produced if there are orders
and events in the District, therefore to develop marketing Opak Kawung can be marketed online through
e-commerce with the aim of expanding marketing and improving the economy in Sukamakmur Village.
Keywords: SMEs, e-commerce, marketing.

Published
2021-07-14