SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BRAND SUPPLIER TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA MATAHARI DEPT.STORE)

  • Shofa Shofiah Hilabi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nuryati

Abstract

Kegiatan yang paling penting dilakukan oleh para perusahaan adalah untuk mendapatkan
keuntungan. Di sini peran pemasok / supplier sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan
kemajuan suatu perusahaan, khususnya pada Matahari Department Store Bandung. Salah
satu produk yang ada pada Department Store ini adalah Fashion pria yang bermerk.
Pemasok Fashion pria bermerk sangat penting untuk dilakukan penelitian, karena
banyaknya barang yang tidak terjual atau tidak banyak yang diminati oleh konsumen.
Sehingga perlu adanya pemilihan supplier yang terbaik untuk Fashion pria bermerk ini.
Pengelolahan data pada penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting
(SAW). Selain itu,model yang telah dibuat akan diimplementasikan menajdi suatu Sistem
Pendukung Keputusan (SPK). Kriteria yang dapat mempengaruhi pemilihan pemasok
adalah ketepatan pengirim, kualitas barang, harga barang, dan kualitas komunikasi.
Penelitan ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari alternatif terbaik berdasarkan
kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Guna mencari bobot untuk setiap atribut, kemudian
dilakukan proses perangkingan yang akan menentukan alternatif yang optimal yaitu
supplier terbaik.
Kata kunci— SAW , Pemilihan supplier, SPK

The most important activity undertaken by companies is to make a profit. Here the role of
supplier, supplier is very influential for the growth and progress of a company, especially
in Matahari Department Store in Bandung. One of the products that exist in this
supermarket is a branded Men Fashion. Men Fashion suppliers are very important to do
research, because the number of items that are not sold or not much in demand by
consumers. So it is necessary to choose the best supplier for this branded Men Fashion.
Data management in this research using Simple Additive Weighting (SAW) method. In
addition, the model that has been made will be implemented into a Decision Support
System (DSS). Criteria that may affect the selection of suppliers are the exactness of the
sender, the quality of the goods, the price of the goods, and the Quality of
Communication. This research will be raised a case that is looking for the best alternative
based on predetermined criteria. In order to find the weight for each attribute, then done
peroses ranking that will determine the optimal alternative is the best supplier.
Keywords— SAW, supplier selection, SPK

Published
2021-07-14