PURWARUPA PEMANFAATAN APLIKASI MARKETPLACE UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN UKM PADA DESA BAYURLOR KABUPATEN KARAWANG

  • Anis Fitri Nur Masruriyah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Randy Aldhi Kurniadi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

The biggest impact of the Novel Coronavirus 2019 (Covid-19) pandemic besides health and
safety is the economy. Since the pandemic occurred, many countries and cities have decided to
close access to travel and interaction from outside, this is often called a lockdown. There are
also several countries and cities that implement Large-Scale Social Restrictions (PSBB),
including in Indonesia. Some people complain about this policy because their economy is
affected. Especially Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) who rely on the arrival of
buyers at MSME shops or exhibitions. Based on these problems, this study aims to create
marketing and product promotion applications. It is hoped that this system can help the economy
of MSMEs and the government because they carry out less contact activity by MSME players to
consumers.
Keywords: application, covid-19, economy, MSME

Dampak terbesar dari pandemi Novel Coronavirus 2019 (Covid-19) selain kesehatan dan
keselamatan adalah perekonomian. Sejak terjadi pandemi, banyak negara dan kota yang
memutuskan untuk menutup akses perjalanan dan interaksi dari luar, hal ini sering disebut
lockdown. Ada pula beberapa negara dan kota yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala
Besar (PSBB), termasuk di Indonesia. Sebagian masyarakat mengeluhkan kebijakan ini karena
ekonomi mereka terdampak. Terlebih pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang
mengandalkan kedatangan pembeli di toko atau pameran UMKM. Berdasarkan masalah
tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pemasaran dan promosi produk.
Diharapkan adanya sistem ini dapat membantu perekonomian UMKM dan pemerintah karena
melakukan less contact activity oleh pelaku UMKM ke konsumen.
Kata kunci: aplikasi, covid-19, ekonomi, UMKM

Published
2021-07-14