MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN NAÏVE BAYES

  • Amril Mutoi Siregar Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Maulana Abdur Rofik Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Klasifikasi, Naive Bayes, Kepuasan, Mahasiswa

Abstract

Mengukur kepuasan pembelajaran adalah hak mutlak bagi mahasiswa sehingga
kampus wajib memperbaiki layanan baik kwalitas dan sarana dan prasarana. Karena
keberhasilan suatu institusi adalah di ukur dari tingkat kepuasan. Sering jadi kendala
adalah bagaimana mengukur kepuasan pelanggan dengan data teks berbentuk tidak
tersetruktur. Sehingga konsumen kesulitan mendapatkan hasil yang baik. Mahasiswa
memiliki sentiment yang berbeda beda terhadap baik pelayanan, proses pembelajaran
dan sarana prasaran. Untuk mempermudah mengukur kepuasan pelanggan. Penelitian
ini menerapkan teknik analisis sentimen untuk menilai kecenderungan saran terkait
dengan berbagai faktor yang berkontribusi pada keberhasilan proses pembelajaran
seperti metode pengajaran, suasana akademik, fasilitas dan ruang kelas, laboratorium,
perpustakaan dan fasilitas kampus lainnya. Metode yang digunakan penelitian ini
adalah algoritma Naive Bayes. Dalam penelitian ini mendapatkan akurasi 86,9%

Published
2021-02-01