Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis orientasi pasar pada pelaku bisnis.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode yang digunakan adalah survei kepada pelaku bisnis melalui wawancara dengan 22 informan penelitian yang akan dimintai informasi mengenai orientasi pasar. Berdasarkan 22 informan mengenai orientasi pasar rata-rata berfokus pada pelanggan dan produk, dimana kedua itu nantinya salung keterkaitian jika berfokus pada pelanggan artinya memperhatikan kebutuhan dan harapan pelanggan misalnya bisa berupa pelayanan yang diberikannya. Selain itu jika berfokus pada produk yang itu inovasi yang dilakukannya dalam mengikuti trend masa kini. Bisnis yang baik dimana pebisnis harus mengetahui pasar dan kebutuhan pasar, dimana bussines is the bussines. Penelitian ini diharapkan kedepannya dapat mampu memberikan informasi mengenai strategi pemasaran yang tepat dalam meraih pangsa pasar yang optimal melalui orientasi pasar yang digunakannya, sebagai bahan pertimbangan pelaku bisnis dalam melangkah.


 


 

Keywords

Market Analysis Market Orientation

Article Details

References

  1. Akpan, I. J., Soopramanien, D., & Kwak, D.-H. A. (2021). Cuttingedge technologies for small business and innovation in the era of COVID-19 global health pandemic. Journal of Small Business & Entrepreneurship, 33(6), 607-617. https://doi.org/10.1080/ 08276331.2020.1799294
  2. Algarni & Thalib, A. M. M. (2014). A framewok of measuring the impact of market orientation on the outcome of higher education institutions mediated by innovation. International Review of Management and Business Research, 3(2), 117– 125.
  3. Amin, M., Thurasamy, R., Aldakhil, A.M. and Kaswuri, A.H.B. (2016), “The effect of market orientation as a mediating variable in the relationship between entrepreneurial orientation and SMEs performance”, Nankai Business Review International, Vol. 7 No. 1, pp. 39-59, doi: 10.1108/NBRI08-2015-001.
  4. Bamfo, B.A. and Kraa, J.J. (2019), “Market orientation and performance of small and medium enterprises in Ghana: the mediating role of innovation”, Cogent Business and Management, Vol. 6 No. 1, pp 1-16, doi: 10.1080/23311975.2019.1605703.
  5. Bettiol, M., Capestro, M., Di Maria, E., & Micelli, S. (2022). Overcoming pandemic challenges through product innovation: The role of digital technologies and servitization. European Management Journal. https://doi. org/10.1016/j.emj.2022.05.003.
  6. Buli, B.M. (2017), “Entrepreneurial orientation, market orientation and performance of SMEs in the manufacturing industry: evidence from Ethiopian enterprises”, Management Research Review, Vol. 40 No. 3, pp. 292-309.
  7. Cheng, C.C. and Krumwiede, D. (2012), “The role of service innovation in the market orientation – new service performance linkage”, Technovation, Vol. 32 Nos 7/8, pp. 487-497.
  8. D’souza, C., Nanere, M., Marimuthu, M., Arwani, M. and Nguyen, N. (2021), “Market orientation, performance and the mediating role of innovation in Indonesian SMEs”, Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, Vol. ahead-of-print No. ahead-of-print, doi: 10.1108/APJML-08-2021- 0624.
  9. Du, S., Bstieler, L., & Yalcinkaya, G. (2022). Sustainability-focused innovation in the business-tobusiness context: Antecedents and managerial implications. Journal of Business Research, 138, 117- 129. https://doi.org/10.1016/j. jbusres.2021.09.006
  10. Gholami, S. & Birjandi, M. (2016). The effect of market orientation and entrepreneurial orientation on the performance of SMEs. Journal of Current Research Science, 5(1), 361–369.
  11. Hartato, F., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Bisnis Kuliner. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4). https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13471
  12. Jatmiko, U. (2018). Analisisis Reaksi Pelaku UMKM Tahap Start Up Dalam Membandingkan MOdal Kerja dan Pendapatan Usaha Sebelum dan Sesudah Adanya Inovasi Produk MAMIN di Wilayah Kediri dan Tulungagung. http://ejournal.itbwigalumajang.ac.id/index.php/adv/article/view/359/222
  13. Rahmadiane, G. D., Kamal, B., Fauzi, A. Z., & Noermansyah, A. L. (2020). Pengembangan Bisnis Startup Untuk Meminimalisir Kegagalan Dalam Berbisnis. Jurnal Vokasi - Politeknik Negeri Lhokseumawe, 4(2). https://doi.org/10.30811/vokasi.v4i2.1893
  14. Siyoto,. Sandu dan. Ali. Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Literasi Medi