Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen UMKM Mak Epa Frozen Kota Malang, dengan penerapan e-commerce sebagai moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausal. Data primer diperoleh dari 100 responden yang merupakan konsumen UMKM Mak Epa Frozen Kota Malang. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software Smart-Pls 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan e-commerce terhadap keputusan pembelian konsumen; dan(3) penerapan e-commerce tidak dapat memoderasi pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen.

Keywords

Strategi Pemasaran Keputusan Pembelian E-Commerce UMKM

Article Details

References

  1. Agustina, A., & Julitriarsa, D. (2022). Pengaruh Pengalaman Konsumen dan Kepuasan Konsumen terhadap Niat Beli Ulang pada Pembelian Produkskincare di E-Commerce Shopee. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 287.
  2. Amalia, J. R., & Klau, H. H. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Dalam Penjualan Onlien Di CV. Adiarko Digital Team. JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi), 1(2), 107-113.
  3. Aprilyan, Y., & Sasanti, E. E. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 292-306.
  4. Darwin, M. (2020). Pengaruh Strategi Communication Dalam Marketing 4.0 Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Advocacy Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(2), 375-396.
  5. Dewi, E. K., & Kusuma, L. (2021). Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Frozen Food Dengan Variabel Moderasi Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1), 47-53.
  6. Evi, M., Dewi, L. O. A., & Amarjupi, D. S. (2022). Pengaruh Strategi Marketing E-Commerce Shopee Dan Media Tiktok Dalam Perspektif Nilai Edukasi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(3).
  7. Hamdat, A., Oktaviani, D., & Nalle, K. W. (2020). Pengaruh Strategi Content Pada E-Commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Di Kota Makassar. MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW, 2(2), 106-113.
  8. Hendiana, R., Achmad Fauzi SE, M. M., ST, D. S. P., Kom, M., Zahra, F., Ramadhona, H., & Wijayanti, E. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran, Peran Pengguna E-Commerce, Kepuasan Konsumen Terhadap Volume Penjualan UMKM Pada Masa Pandemi Dan Pasca Pandemi COVID 19. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 2(3), 91-99.
  9. Kotler, P., dan Armstrong, G. (2014). Principle of Marketing. England: Pearson Education Limited.
  10. Kotler, Philip & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Dua. Erlangga : Jakarta
  11. Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management, 15 Global Edition. Boston:Pearson.
  12. Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
  13. Kotler, Phillip dan Keller Lane. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa: Bob sabran, MM. Edisi12 jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
  14. Kurniawati, M. (2022, October). Pengaruh E-Commerce dan Modal Usaha Terhadap Kinerja UMKM di Masa Pandemi Covid19 Dengan Sumber Daya Manusia (SDM) Sebagai Variabel Moderasi. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).
  15. Pitri, T. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian. JURNAL EMA, 1(2), 87-98.
  16. Rohim, A., & Asnawi, N. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dimoderasi Oleh Brand Image (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 867-878
  17. Satriyo, B., Indriana, Y., & Ridlo, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, E-Service Quality, dan Review Content terhadap Minat Beli pada UMKM Produk Organik. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1563-1571.
  18. Simamora, V., & Umry, R. A. (2020). Pengaruh Influencer Dan Social Media Sebagai Strategi Marketing Baba Rafi Enterprise Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ngikan Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Moderating. Journal For Business and Entrepreneurship.
  19. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
  20. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung
  21. Tjiptono Fandy. (2010). Brand Managaement & Strategy. Yogyakarta : Penerbit Andy
  22. Wirawan, Husna. (2020). Beli Ulang Yang Dimoderasi Oleh Positive Word Of Mouth ( PWOM ) Dalam Pembelanjaan Online Di Tokopedia ( Survey pada mahasiswa FEB UPN “ Veteran ” Yogyakarta)
  23. Wulandari, E., Dewianawati, D., & Joenarni, E. (2022). Pengaruh Harga, Website Design Dan Customer Satisfaction Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Shoppe.Emas, 5(1), 53-67.