PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP CITRA MEREK HANDPHONE SAMSUNG (SURVEY KARYAWAN BAGIAN PULLEY MACHINE PT FCC INDONESIA)

Authors

  • Sihabudin .

DOI:

https://doi.org/10.36805/manajemen.v1i1.54

Abstract

ABSTRAK Kualitas produk dan promosi merupakan faktor yang penting dalam menciptakan citra merek yang positif dan baik bagi sebuah produk. Kualitas produk dan promosi menjadi tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan dimana ketika berhasil mengaplikasikan kedua hal tersebut akan berpengaruh terhadap citra merek dan dapat meningkatkan penjualan sehingga tercapailah tujuan suatu perusahaan yaitu keuntungan dan tidak lupa juga memperhatikan kepentingan konsumen agar konsumen loyal terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan verifikatif, yaitu : mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan metode Incidential Sampling dengan jumlah sampel 100 responden dari populasi 132 orang. Kualitas produk dan promosi handphone Samsung baik, sehingga penggunanya pada karyawan bagian pulley mesin PT FCC Indonesia Karawang menyatakan citra merek yang ditimbulkan handphone Samsung juga baik. Terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas produk dan promosi, serta terdapat pengaruh parsial dan simultan antara kualitas produk dan promosi terhadap citra merek handphone Samsung. Kata kunci : Kualitas Produk, Promosi, Citra Merek

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesepuluh. Bandung : Alfabeta.

Anoraga, Pandji. 2009.Manajemen Bisnis. Cetakan keempat. Jakarta : RinekaCipta.

Gasper, Vincent. 2001. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2011. Riset Pemasaran. Cetakan Kesepuluh. Jakarta : Gramedia.

Umar, Husein. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Ketiga. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy., C. Gregorius and A. Dadi. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Indonesia : PT Macanan Jaya Gemilang.

. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.

. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Supranto dan Nandan L. 2011. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen. Jakarta: PT BumiAksara.

Yamit, Zulian. 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta : Ekonisia.

Riduwan and Engkos A Kuncoro.2014. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (AnalisisJalur). Bandung : Alfabeta.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

Riduwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika. Alfabeta : Bandung.

Arikunto, Suharsini. 2005. Manajemen Penelitian. Edisi Revisi. PT Asdi Mahasatya : Jakarta.

Jurnal dan Sumber internet

Kabadayi, EbruTumer. 2007. The Effects of Marketing Mix Strategies On Brand Equity : Mobile Phone Sector.

http://www.academia.edu/4136105. (Diunduh 30 Maret 2015 pukul 15.40 wib)

Noerchoidah, 2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Iklan terhadap Brand Image dan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki.

http://journal.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/JPWIGA/article/view/38. (Diunduh 15 Maret 2015 pukul 20.30)

Marzolina dan Marnis, 2011. Pengaruh Dimensi Produk dan Promosi Terhadap Citra Merek (Brand Image) Rokok Lucky Strike di Kota Pekanbaru.

http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/788. (Diunduh 15 Maret pukul 20.45)

Anwar, Ayu Ardillah, 2013. Analisis Perspektif Stakeholders terhadap Implementasi CSR PT Samsung Electronics.

http://journal.hasanuddin.ac.id/index.php/JPWIGA/article/view/122. (Diunduh 20 Mei 2015 pukul 15.00)

Gartner, 2015. Perbandingan Penjualan Handphone Seluruh Dunia berdasarkan Merek.

http://www.beritateknologi.com/tahun-2012-1-6-miliar-handphone-meluncur-ke-pasar-dunia. (Diunduh 15 Maret 2015 pukul 15.00 WIB)

Majalah Marketing, 2015. Top Brand Award Fase I Tahun 2015.http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-top_brand_index_2014. (Diunduh 26 Maret 2015 pukul 17.00 WIB)

International Data Corporation (IDC), 2014. PenjualanSmartphone di Indonesia Tahun 2013. http://www.slideshare.net/yogismobiletech/penjualan-smartphone-pad-kuartal-4-tahun-2013. (Diunduh 27 Desember 2014 pukul 21.00 WIB)

Majalah Asia, 2013. Visi misi dan sejarah Perusahaan Samsung. www.strez.asia/2013/01/sejarah-samsung.html. (Diunduh 18 mei 2015 pukul 20.00 WIB)

Downloads

Published

2016-11-07

How to Cite

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP CITRA MEREK HANDPHONE SAMSUNG (SURVEY KARYAWAN BAGIAN PULLEY MACHINE PT FCC INDONESIA). (2016). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, 1(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v1i1.54

Most read articles by the same author(s)