PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP CITRA MEREK HANDPHONE SAMSUNG (SURVEY KARYAWAN BAGIAN PULLEY MACHINE PT FCC INDONESIA)
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v1i1.54Abstract
ABSTRAK Kualitas produk dan promosi merupakan faktor yang penting dalam menciptakan citra merek yang positif dan baik bagi sebuah produk. Kualitas produk dan promosi menjadi tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan dimana ketika berhasil mengaplikasikan kedua hal tersebut akan berpengaruh terhadap citra merek dan dapat meningkatkan penjualan sehingga tercapailah tujuan suatu perusahaan yaitu keuntungan dan tidak lupa juga memperhatikan kepentingan konsumen agar konsumen loyal terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan verifikatif, yaitu : mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan metode Incidential Sampling dengan jumlah sampel 100 responden dari populasi 132 orang. Kualitas produk dan promosi handphone Samsung baik, sehingga penggunanya pada karyawan bagian pulley mesin PT FCC Indonesia Karawang menyatakan citra merek yang ditimbulkan handphone Samsung juga baik. Terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas produk dan promosi, serta terdapat pengaruh parsial dan simultan antara kualitas produk dan promosi terhadap citra merek handphone Samsung. Kata kunci : Kualitas Produk, Promosi, Citra MerekDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesepuluh. Bandung : Alfabeta.
Anoraga, Pandji. 2009.Manajemen Bisnis. Cetakan keempat. Jakarta : RinekaCipta.
Gasper, Vincent. 2001. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, Freddy. 2011. Riset Pemasaran. Cetakan Kesepuluh. Jakarta : Gramedia.
Umar, Husein. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Ketiga. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy., C. Gregorius and A. Dadi. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Indonesia : PT Macanan Jaya Gemilang.
. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.
. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.
Supranto dan Nandan L. 2011. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen. Jakarta: PT BumiAksara.
Yamit, Zulian. 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta : Ekonisia.
Riduwan and Engkos A Kuncoro.2014. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (AnalisisJalur). Bandung : Alfabeta.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi ketiga. Jakarta : Salemba Empat.
Riduwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika. Alfabeta : Bandung.
Arikunto, Suharsini. 2005. Manajemen Penelitian. Edisi Revisi. PT Asdi Mahasatya : Jakarta.
Jurnal dan Sumber internet
Kabadayi, EbruTumer. 2007. The Effects of Marketing Mix Strategies On Brand Equity : Mobile Phone Sector.
http://www.academia.edu/4136105. (Diunduh 30 Maret 2015 pukul 15.40 wib)
Noerchoidah, 2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Iklan terhadap Brand Image dan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Kawasaki.
http://journal.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/JPWIGA/article/view/38. (Diunduh 15 Maret 2015 pukul 20.30)
Marzolina dan Marnis, 2011. Pengaruh Dimensi Produk dan Promosi Terhadap Citra Merek (Brand Image) Rokok Lucky Strike di Kota Pekanbaru.
http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/788. (Diunduh 15 Maret pukul 20.45)
Anwar, Ayu Ardillah, 2013. Analisis Perspektif Stakeholders terhadap Implementasi CSR PT Samsung Electronics.
http://journal.hasanuddin.ac.id/index.php/JPWIGA/article/view/122. (Diunduh 20 Mei 2015 pukul 15.00)
Gartner, 2015. Perbandingan Penjualan Handphone Seluruh Dunia berdasarkan Merek.
http://www.beritateknologi.com/tahun-2012-1-6-miliar-handphone-meluncur-ke-pasar-dunia. (Diunduh 15 Maret 2015 pukul 15.00 WIB)
Majalah Marketing, 2015. Top Brand Award Fase I Tahun 2015.http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-top_brand_index_2014. (Diunduh 26 Maret 2015 pukul 17.00 WIB)
International Data Corporation (IDC), 2014. PenjualanSmartphone di Indonesia Tahun 2013. http://www.slideshare.net/yogismobiletech/penjualan-smartphone-pad-kuartal-4-tahun-2013. (Diunduh 27 Desember 2014 pukul 21.00 WIB)
Majalah Asia, 2013. Visi misi dan sejarah Perusahaan Samsung. www.strez.asia/2013/01/sejarah-samsung.html. (Diunduh 18 mei 2015 pukul 20.00 WIB)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).